Assalamu’alaikum wr wb
Kali ini saya akan
membagikan sebuah materi atau tutorial yaitu tentang “Sistem Pendukung
Keputusan” Pengambilan keputusan memang
sangat sudah umum, apalagi di perusahan kecil maupun besar, pengambilan
keputusan yang baik dapat meningkatkan suatu managemen prusahaan. Oke langsung
aja ya kematerinya :
Definisi Pengambilan Keputusan
Keputusan adalah hasil pemecahan masalah yang dihadapinya dengan tegas.
Hal itu berkaitan dengan
jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengenai ‘apa yang harus dilakukan’ dan
seterusnya mengenai unsur-unsur perencanaan.
Dapat juga dikatakan bahwa
keputusan itu sesungguhnya merupakan hasil proses pemikiran yang berupa
pemilihan satu diantara beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk
memecahkan masalah yang dihadapinya.
Kegiatan-kegiatan yang
dilakukan dalam organisasi itu dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasinya
yang dimana diinginkan semua kegiatan itu dapat berjalan lancar dan tujuan
dapat dicapai dengan mudah dan efisien. Namun, kerap kali terjadi
hambatan-hambatan dalam melaksanakan kegiatan. Ini merupakan masalah yang harus
dipecahkan oleh pimpinan organisasi. Pengambilan keputusan dimaksudkan untuk
memecahkan masalah tersebut.
Jenis-Jenis Pengambilan Keputusan
Keputusan Individu
Kebaikannya antara lain :
-Keputusannya cepat ditentukan atau diambil, karena tidak usah menunggu
persetujuan dari rekan lainnya.
-Tidak akan terjadi pertentangan pendapat
-Kalau pimpinan yang mengambil keputusan itu
mempunyai kemampuan yang tinggi dan berpengalaman yang luas dalam bidang
yang akan diputuskan, keputusannya besar kemungkinan tepat.
Kelemahannya antara lain :
-Bagaimana kepandaian dan kemampuan pimpinan tetapi pasti memiliki keterbatasan.
-Keputusan yang terlalu cepat diambil dan tidak meminta pendapat orang lain
seringkali kurang tepat.
-Jika terjadi kesalahan pengambilan keputusan merupakan beban berat bagi
pimpinan seorang diri.
Keputusan Kelompok
Kelebihannya antara lain :
-Hasil pemikiran beberapa orang akan saling melengkapi
-Pertimbangannya akan lebih matang
-Jika ada kesalahan pada pengambilan keputusan tersebut, beban ditanggung secara
bersama.
Kelemahannya antara
-Ada kemungkinan terjadi perbedaan pendapat
-Biasanya memakan waktu lama dan berlarut-larut karena terjadi perdebatan-perdebatan
-Ada kemungkinan terjadi perbedaan pendapat
-Biasanya memakan waktu lama dan berlarut-larut karena terjadi perdebatan-perdebatan
-Rasa tanggung jawab masing-masing berkurang, dan ada kemungkinan saling
melemparkan tanggung jawab jika terjadi kesalahan.
Dari penjelasan yang telah
saya paparkan dapat kami simpulkan bahwa pengambilan
keputusan adalah suatu tindakan yang sengaja, tidak secara kebetulan dan tidak
boleh sembarangan dalam rangka memecahkan masalah yang dihadapi suatu
organisasi. Dimana pengambilan keputusan ini ditanggung dan diputuskan oleh
pimpinan organisasi yang bersangkutan dan untuk menghasilkan keputusan yang
baik itu sangat dibutuhkan informasi yang lengkap mengenai permasalahan, inti
masalah, penyelesaian masalah, dan konsekuensi dari keputusan yang diambil.
Oke sekian dulu, Terima
Kasih, jangan Lupa Share.
0 komentar:
Posting Komentar