Assalamualaikum Wr wb
Disini saya akan membagikan tentang Konsep Dasar Organisasi
Sistem Informasi, langsung aja simak di bawah ini:
Pengelola sistem
informasi terorganisasi dalam suatu struktur manajemen. Oleh karena itu bentuk
atau jenis sistem informasi yang diperlukan sesuai dengan level manajemennya.
- Manajemen Level
Atas : untuk perencanaan strategis, kebijakan dan pengambilan keputusan.
- Manejemen Level
Menengah : untuk perencanaan taktis dan pengambilan keputusan.
- Manejemen Level
Bawah : untuk perencanan dan pengawasan operasi dan pengambilan keputusan.
- Operator :
untuk pemrosesan transaksi dan merespon permintaan.
Deskripsi Tugas
Kominsaris
} Mengangkat dan memberhentikan Direksi;
} Menyetujui atau menolak RJPP (Rencana
Jangka Panjang Perusahaan) dan RKAP (Rencana Kerja Dan Anggaran Perusahaan)
yang diusulkan oleh Direksi;
} Menetapkan target kinerja masing-masing
Direksi atas dasar RJPP dan RKAP;
} Melakukan penilaian kinerja Direksi;
} Menetapkan auditor eksternal untuk
melakukan audit atas laporan keuangan.
Direktur Utama
} Memimpin para direksi, manager dan pelaku
organisasi perusahaan lainnya sehingga Perseroan dipastikan dapat berjalan
sesuai RJPP dan RKAP yang telah disyahkan oleh Komisaris/Pemilik Perusahaan.
} Menguasai, memelihara, dan mengurus
kekayaan Perseroan.
} Mewakili perseroan baik didalam maupun
diluar pengadilan
} Bertanggungjawab penuh dalam menjalankan
tugas untuk kepentingan perseroan sesuai ketentuan yang berlaku
} Bertanggungjawab secara pribadi jika
bersalah atau lalai dalam pelaksanaan tugasnya.
Direktur
Pemasaran
} Mengkoordinasikan perencanaan perseroan
mengacu pada RJPP dan RKAP yang telah disyahkan oleh Komisaris/Pemilik
Perusahaan.
} Memasarkan/mempromosikan produk dan jasa
perseroan kepada pelanggan dan calon pelanggan untuk mendapatkan order
pekerjaan.
} Berkoordinasi dengan manager terkait untuk
menindaklanjuti order pekerjaan/info pelelangan yang memungkinkan perseroan
dapat melaksanakan/mengikuti pelelangan.
} Memastikan perseroan mematuhi ketentuan
tentang persyaratan yang ditentukan (kepatuhan atas pelaksanaan GCG) dalam tata
laksana pekerjaan.
} Mengkoordinasikan rapat direksi ataupun
rapat gabungan direksi dan komisaris secara berkala ataupun jika sewaktu-waktu
diperlukan.
Direktur
Operasional
} Bersinergi dengan anggota direksi lainnya,
memimpin dan mengelola Perseroan khususnya dalam direktorat operasi yang
meliputi bidang perencanaan/pemasaran.
} Menguasai, memelihara, dan mengurus
kekayaan Perseroan dalam direktoratnya.
} Bertanggungjawab penuh dalam menjalankan
tugas untuk kepentingan perseroan dalam direktoratnya sesuai ketentuan yang
berlaku
} Bertanggungjawab secara pribadi jika
bersalah atau lalai dalam pelaksanaan tugasnya
} Bersama-sama dengan anggota direksi
lainnya menyiapkan RJPP, RKAP, menandatanganinya untuk kemudian diusulkan
pengesahannya kepada Komisaris/Pemilik Perusahaan.
Direktur PDE
} Bersinergi dengan anggota direksi lainnya,
memimpin dan mengelola Perseroan khususnya dalam sistem yang sedang di jalankan
diprusahaan.
} Menguasai, memelihara, dan mengurus sistem
Perseroan dalam direktoratnya.
} Bertanggungjawab penuh dalam menjalankan
sistem untuk kepentingan bersama.
} Bertanggungjawab secara pribadi jika
bersalah atau lalai dalam pelaksanaan tugasnya.
} Bersama-sama dengan anggota direksi
lainnya menyiapkan RJPP, RKAP, menandatanganinya untuk kemudian diusulkan
pengesahannya kepada Komisaris/Pemilik Perusahaan.
Manager PDE
} Mengkoordinasikan dan melaksanakan proses
pengolahan data pada sistem yang akan digunakan.
} Memastikan bahwa pengadaan barang
elektronik yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan suatu proyek mematuhi
ketentuan tentang persyaratan yang ditentukan dalam kontrak perjanjian
(kepatuhan atas pelaksanaan GCG).
} Berkoordinasi dengan manager terkait dalam
membuat laporan pekerjaan suatu proyek sebagai bahan penagihan/pembayaran
mengacu pada kontrak perjanjian.
} Menyiapkan bahan untuk laporan kinerja
dalam bidang tugasnya
} Mewakili perseroan untuk berkomunikasi dan
menjalin kemitraan dengan stakeholders dalam bidang tugasnya
Organisasi
(Enterprice Resaurce Planing)
} Enterprise Resource Planning (ERP) adalah
sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan –
kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk departemen –departemen yang
berbeda pada suatu perusahaan.
} ERP Terdiri dari bermacam – macam modul
yang disediakan untuk berbagai kebutuhan dalam suatu perusahaan, dari
modul untuk keuangan sampai modul untuk proses distribusi.
Permasalahan
Organisasi
} Kurangnya Koordinasi
Koordinasi dalam
Program kerja
Seringkali dalam
sebuah organisasi yang suadah mapan sekali pun, atau dapat dikatakan ketika
dalam organisasi terdapat sebuah program kerja yang sangat bagus sekali pun,
jika tidak ada koordinasi maka sering kali menyebabkan kesalahpahaman, yang
tentunya dapat menyebabkan kacaunya terlaksanya sebuah program.
} Koordinasi antar Pimpinan
Parahnya lagi,
koordinasi yang buruk dapat mengarah pada komunikasi yang buruk pula.
Komunikasi yang buruk antar pimpinan tersebut dalam sebuah program dapat
berakibat pada program-program selanjutnya. Maka seringkali terjadi salah
sangka dan salah paham diantaranya.
Penjadwalan
Kegiatan Proyek
Untuk penjadwalan
kegiatan proyek biasanya prusahaan-prushaan besar mengambil dengan metode,
diantaranya dengan motode Gantt chart. Gantt chart adalah suatu alat yang
bernilai khususnya untuk proyek-proyek dengan jumlah anggota tim yang sedikit,
proyek mendekati penyelesaian dan beberapa kendala proyek.
Gantt Chart dapat membantu penggunanya untuk memastikan
bahwa (Heizer, Jay dan Render, Barry,2006):
} Semua kegiatan telah direncakan
} Urutan kinerja telah diperhitungkan
} Perkiraan waktu kegiatan telah tercatat,
dan
} Keseluruhan waktu proyek telah dibuat
Contoh ganchart
Terima Kasih.
0 komentar:
Posting Komentar